AYO MANFAATKAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK

Sabtu, 31 Maret 2012

Batas Usia Pensiun Semua Pengawas Sekolah Akhirnya Diperpanjang

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dinas Pendidikan Kota Semarang menempuh langkah untuk memperpanjang masa kerja pengawas sekolah. Pasalnya, saat ini terjadi kekurangan jumlah pengawas sekolah untuk jenjang TK hingga SMA sederajat di sana.

Perpanjangan masa kerja pengawas sekolah itu tergantung dengan dinas pendidikan dan badan kepegawaian daerah (BKD) masing-masing kabupaten/kota. Sehingga, untuk menutup kebutuhan dan kekurangan jumlah pengawas sekolah, pihak tersebut dapat mengundur masa pensiun mereka.

Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Semarang Tri Waluyo mengakui, memang ada dua regulasi yang berseberangan perihal masa pensiun pengawas sekolah. Pada Peraturan Pemerintah (PP) No 65 tahun 2008 tentang pemberhentian Pegawai Negeri Sipil (PNS) dikatakan bahwa pengawas merupakan pejabat fungsional yang akan pensiun di usia 56 tahun. Akan tetapi, di PP No 74 tahun 2008 tentang Guru, pada prinsipnya adalah guru sehingga dapat mengikuti sertifikasi dan pensiun pada usia 60 tahun.

"Namun melihat kondisi Kota Semarang yang kekurangan pengawas sekolah, maka kami mengambil langkah untuk mengusulkan dan memperpanjang masa kerja mereka dengan tetap mengacu PP No 65 tahun 2008," jelasnya, hari ini.

Batas usia pensiun 48 orang pengawas sekolah pada bulan Februari 2012 lalu diperpanjang, dan surat keputusannya sudah terbit di waktu itu juga. Adapun, hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam memperpanjang usia pensiun pengawas sekolah diantaranya, kebutuhan personil, sehat jasmani rohani, loyal dalam kinerja, serta berprestasi kerja.
( Anggun Puspita / CN32 / JBSM )

0 komentar:

Poskan Komentar